Selasa, 24 Maret 2015

KISI-KISI USBN SMPN 10 PROBOLINGGO

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

INDIKATOR
NO
SOAL
Disajikan tentang hukum Idhar qomariyah dan syamsiyah dan contoh bacaannya, peserta didik  dapat menentukan salah satu bacaannya.
1
Peserta didik  dapat  menentukan contoh hukum bacaan mim mati.
2
Ditampilkan ayat al Quran yang mengandung bacaan qalqalah, peserta didik  dapat mengklasifikasi  jenis hukum bacaan qalqalah.
3
Disajikan ayat al Quran yang mengandung hukum bacaan nun sukun, peserta didik dapat menentukan nama hukum bacaannya.
4
Disajikan ayat al Quran yang mengandung Mad, peserta didik dapat menentukan  nama mad tersebut.
5
Disajikan tabel yang berisi potongan ayat dan arti surat al Tin, peserta didik dapat menentukan pasangannya.
6
Ditampilkan salah satu ayat pada surat al Tin, peserta didik  dapat menyimpulkan isi kandungannya.
7
Ditampilkan al Hadits tentang menuntut ilmu, peserta didik  dapat menjelaskan maknanya.
8
Ditampilkan beberapa ayat QS. al Insyirah secara acak, peserta didik  dapat menyusunnya dengan benar.
9
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan sikap terpuji dalam bekerja seperti yang terkandung dalam surat al Insyirah.
10
Ditampilkan ayat Al Quran tentang sifat wajib  Allah SWT, peserta didik dapat menentukan sifat wajib Allah pada  ayat  tersebut.
11
Dipaparkan ilustrasi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memilih perilaku yang mencermin­kan perilaku beriman kepada malaikat.
12
Disajikan beberapa perilaku terhadap al Quran,  peserta didik dapat meng­kategorikan perilaku mencintai Al Quran.
13
Ditampilkan beberapa perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul.
14
Ditampilkan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat menjelaskan sifat wajib bagi rasul yang terkandung dalam kisah tersebut.
15
Disajikan wacana kejadian pada hari akhir, peserta didik dapat menentukan istilah hari akhir.
16

Disajikan beberapa ayat al Quran Al-hajj:7, peserta didik dapat menyebutkan arti  yang berkaitan dengan hari akhir.
17
Ditampilkan ayat al Quran Al-zalzalah :1 tentang proses hari kiamat, peserta didik dapat mengartikan  isi kandungan ayat tersebut.
18
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
19
Disajikan wacana tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan contoh qadha dan qadhar.
20
Ditampilkan beberapa ayat al Quran, peserta didik dapat menentukan ayat yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
21
Dideskripsikan cerita tentang perilaku  sehari-hari, peserta didik  dapat menentukan contoh perilaku terpuji  (tawadu, taat, atau sabar).
22
Disajikan beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik  dapat meng­klasifikasikan contoh perilaku terpuji  (kerja keras, ulet, tekun atau teliti).
23
Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik  dapat menentukan ciri-ciri  perilaku terpuji (zuhud atau  tawakal).
24
Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik  dapat menentukan cara menghindarinya.
25
Disajikan kasus tentang perilaku makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik  dapat menentukan sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum
26
Disajikan ayat al Quran atau Hadis Rasulullah tentang perilaku tercela (dendam atau munafiq), peserta didik  dapat  menyimpulkan kandungannya.
27
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang manfaat dari perilaku terpuji, peserta didik dapat mengklasi­fikasikan manfaat perilaku qanaah.
28
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik  dapat menentukan contoh-contoh perilaku tasamuh.
29
Disajikan sebuah kasus tentang hubungan antar umat beragama, peserta didik dapat menentukan sikap tasamuh yang tepat.
30
Disajikan ayat al Quran atau al Hadis tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya.
31
Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (takabur), peserta didik  dapat menentukan sikap untuk menghindarinya.
32
Disajikan tabel tentang hal-hal yang menyebabkan hadas, peserta didik  dapat menunjukkan sebab-sebab mandi wajib.
33
Ditampilkan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan ibadah shalat Jumat, peserta didik dapat mengklasifikasikan rukun khutbah.
34
Ditampilkan ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sujud yang relevan dengan ilustrasi tersebut
35
Disajikan suatu kasus, peserta didik dapat mengidentifikasi nama shalat sunnat yang relevan.
36
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang cara melaksanakan shalat sunah, peserta didik dapat menunjukan nama shalat sunat yang dimaksud.
37
Disajikan kondisi sebuah keluarga, peserta didik dapat menentukan besarnya zakat yang harus dikeluarkan.
38
Ditampilkan beberapa  gambar ciri-ciri hewan,  peserta didik dapat mengidentifi­kasi hewan yang diharamkan.
39
Peserta didik dapat menunjukkan tata cara menyembelih hewan menurut ajaran Islam.
40
Disajikan deskripsi suatu amalan dalam ibadah haji, peserta didik dapat menentukan jenis amalan tersebut.
41
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hikmah umrah.
42
Disajikan peristiwa pada masa Nabi Muhammad SAW hijrah., peserta didik dapat menentukan nama masjid pertama yang dibangun Nabi.
43

Disajikan kisah kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat meng­identifikasi akhlak terpuji yang terkandung di dalamnya.
44
Peserta didik mampu mengidentifikasi kegiatan wirausaha yang dilaksana­kan Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah.
45
Disajikan ilustrasi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam, peserta didik dapat menunjukkan peran aktif khalifah pada masa tersebut.
46
Disajikan deskripsi suatu peristiwa, peserta didik dapat meng­identifikasi cara masuknya Islam di Nusantara (perdagangan, sosial, atau pegajaran).
47
Dideskripsikan perjuangan sebuah kerajaan Islam dalam melawan penjajah, peserta didik mampu meng­identifikasi kerajaan yang dimaksud.
48
Disajikan deskripsi seni budaya, peserta didik dapat menyimpukan seni budaya lokal yang bernuansa Islam
49
Disajikan deskripsi suatu tradisi atau upacara adat kesukuan di Indonesia, peserta didik mampu menentukan tradisi atau upacara yang dimaksud.
50
Probol14
Probolinggo, 23 Maret 2015
Guru Pendidikan Agama Islam,




Qamaruddin, S.Pd.I, M.Pd.I

NIP. 19690911 200602 1 004a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar